Senin, 10 Desember 2012

Numbers (Angka-angka)

Posted by Asas CnC @rt On 13.41 | No comments
Kita menggunakan angka dalam berbagai keperluan. Untuk menghitung, mengukur, dan menjumlahkan. Selain itu juga untuk memberi tanda sesuatu, misalnya nomor rumah dan nomor telepon.


Angka ditunjukkan dalam bentuk simbol yang disebut digit (bilangan). Contohnya, angka 368 memiliki tiga digit, yaitu 3, 6, dan 8.

Kita menghitung dan menjumlahkan angka dalam kelompok-kelompok. Contohnya pada angka 235, 2 artinya dua ratusan, 3 artinya tiga puluhan, dan 5 artinya lima satuan. Sistem angka ini disebut lambang bilangan sepuluh.

Angka yang kita gunakan saat ini diciptakan di India lebih dari 1000 tahun yang lalu. Pedagang Arab menggunakan dan menyebarkannya ke Eropa.

Sejak zaman dulu, orang-orang seluruh dunia menulis angka dengan cara yang berbeda-beda. Angka zaman pertengahan digunakan di Eropa pada abad ke-12 dan 13. Angka Romawi masih digunakan sampai sekarang.

Komputer berhitung dengan menggunakan sistem angka yang bernama sistem biner. Pada sistem ini, hanya digunakan dua angka yaitu 0 dan 1.



Sebelum angka ditemukan, orang menghitung dengan mengukir garis pada kayu atau tulang. Ada juga yang menghitung dengan tumpukan batu-batu. Menghitung dengan cara ini disebut turus.

0 komentar:

Posting Komentar

Tag Cloud Comulus Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Unordered List